Postingan Populer

Jumat, 30 Maret 2012

Fungsi Ginjal dan Eraksi

 Ginjal

ginjal Ginjal, siapa yang menyangka organ tubuh yang bernama “ginjal” dengan ukuran sekitar 11x7x2 cm memiliki peran yang sangat besar dalam tubuh. Untuk organ yang begitu kecil, ginjal bekerja keras setiap harinya apalagi sejumlah peran vital dalam fungsi sehari-hari tubuh kita, hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang penting bagi tubuh kita.




Fungsi ginjal

Fungsi ginjal bagi kita adalah:
  1. Ginjal bertindak sebagai filter bagi tubuh Anda untuk membersihkan darah limbah, namun tetap unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (hal ini akan dikembalikan disebut sebagai proses reabsorbsi)
  2. Kontrol tekanan darah
  3. Ginjal membantu menjaga keseimbangan asam basa
  4. Membuat sel-sel darah merah dan membantu mempertahankan komposisi darah dan tingkat pH
  5. Mempertahankan tulang yang kuat dan sehat
Mengapa ginjal begitu penting? Ginjal adalah “mitra diam” untuk kesehatan yang baik! Kita bisa hidup cukup baik dengan hanya satu ginjal, beberapa orang hidup sehat meskipun lahir dengan satu ginjal. ginjal kita yang luar biasa, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan umum dan kesejahteraan tetapi biasanya tidak dianggap sebagai penting untuk hidup sehat. Penyakit ginjal merupakan salah satu hal yang akan banyak dijumpai jika kita meremehkan fungsi organ kecil yang satu ini.
Kita dapat menganalogikan ginjal sebagai alat yang canggih ramah lingkungan, sistem pembuangan limbah, teknologi daur ulang yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sementara akan terus menerus membersihkan darah. Setiap jam suplai darah beredar melalui ginjal sekitar 12 kali. Setiap hari ginjal membersihkan sekitar 200 liter darah, dengan sekitar 1 sampai 2 liter limbah meninggalkan tubuh sebagai urin. Sebagian limbah ini dihasilkan oleh tubuh karena nutrisi makanan yang tidak diperlukan. Sekarang coba bandingkan dengan alat cuci darah buatan manusia yang hanya bekerja 1x pemakaian dan hanya membersihkan beberapa liter darah saja.

Sekilas tentang penyakit ginjal

Ada beberapa penyakit ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor seperti berkembangnya batu pada saluran kemih, berkembangnya batu pada ginjal ( batu ginjal ). Penyakit pada ginjal sangat benyak dijumpai pada usia yang semakin bertambah, kenapa? Karena pada dasarnya penyakit ginjal muncul akibat kerjanya yang sangat banyak, hal ini juga dipengaruhi oleh intake makanan yang kita makan setiap harinya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga anak-anak menderita penyakit ginjal, buktinya penyakit pada ginjal bagi anak-anak cukup banyak ditemukan di rumah sakit.




 

Fungsi Ginjal – Organ Ekskresi

fungsi ginjalFungsi ginjal sebagai organ tubuh sangat vital, seperti menyaring darah, menghasilkan hormon, menjaga keseimbanganasam basa, dan sebagainya. Kerja organ yang berbentuk seperti kacang merah dan berukuran kira-kira 11x7x6 cm ini dapat terganggu oleh berbagai hal yang akan memicu penyakit ginjal, mulai dari infeksi hingga pada tidak berfungsinya ginjal atau yang biasa kita sebut gagal ginjal.
Beberapa orang yang lahir dengan 1 ginjal, masih bisa hidup seperti layaknya orang normal. Namun, jika kedua fungsi ginjal sudah tidak bisa bekerja atau berfungsi seperti semula, terapi seperti hemodialisis dan transplantasi ginjal dapat menjadi harapan baru bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal kronik / gagal ginjal.


Fungsi ginjal yang utama: ekskresi

Ginjal adalah organ yang memiliki kemampuan yang luar biasa, walaupun kecil organ ini menyaring zat-zat yang telah tidak terpakai (zat buangan atau sampah/limbah) yang merupakan sisa metabolisme tubuh. Setiap harinya fungsi ginjal akan memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring atau menghasilkan sekitar 2 liter limbah dan ekstra cairan yang berlebih dalam bentuk urin, yang mengalir ke kandung kemih melalui saluran yang dikenal sebagai ureter. Urin akan disimpan di dalam kandung kemih ini sebelum dikeluarkan pada saat berkemih (buang air kecil).
Intake makanan sebagai energi dan untuk perbaikan jaringan akan disaring dan molekul yang tidak terpakai seperti toksin (racun) akan dikeluarkan oleh ginjal. Jika fungsi ginjal terganggu maka kemampuan menyaring zat sisa ini dapat terganggu pula dan terjadi penumpukan dalam darah sehingga dapat menimbulkan berbagai manifestasi gangguan terhadap tubuh.
Ginjal memiliki struktur yang cukup unik, yaitu pembuluh darah dan unit penyaring. Proses penyaringan terjadi pada bagian kecil dalam ginjal, yang disebut dengan nefron. Setiap ginjal memiliki sekitar satu miliar nefron. Pada nefron ini terdapat pembuluh darah kecil-kecil saling jalin menjalin dengan saluran-saluran yang kecil, yaitu tubulus.
Selain membuang sampah-sampah yang sudah tidak terpakai lagi, fungsi ginjal adalah menjadi ‘pabrik’ penghasil tiga hormon penting, yaitueritropoietin, renin, dan bentuk aktif vitamin D (kalsitriol).